Teknologi

Update Windows 11 ? coba tunda dulu deh ini alasannya

Inilah lima alasan mengapa Anda harus menunda update Windows 11. Salah satunya, karena update ke Windows 11 wajib memakai laptop atau PC yang dibekali TPM 2.0. Alasan lainnya cek selengkapnya di sini. Microsoft belum lama ini meluncurkan Windows 11 sebagai sistem operasi (OS) terbarunya. Dirils 5 Oktober lalu, Windows 11 menghadirkan beberapa hal yang mungkin belum Anda temukan di Windows 10 atau versi sebelumnya.

Mulai dari perombakan penampilan, fitur yang mendukung lebih mudah saat multi tasking, hingga meningkatkan pengalaman bermain game.  Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang mungkin harus membuat Anda berpikir terlebih dahulu sebelum memutuskan update ke Windows 11. Berikut lima alasan mengapa Anda sebaiknya harus menunda update Windows 11 setidaknya untuk saat ini.

5 Alasan mengapa Anda sebaiknya harus menunda Windows 11 sekarang

1. Laptop atau PC yang Anda gunakan tidak memenuhi syarat spesifikasi minimal Windows 11

Tidak dapat dipungkiri, untuk mendapatkan update Windows 11, pengguna membutuhkan spesifikasi laptop atau PC yang harus benar-benar sesuai. Contohnya, TPM 2.0. Ini menjadi syarat wajib yang diperlukan sebuah laptop atau PC biar bisa update ke Windows 11. Bila laptop atau PC yang Anda gunakan tidak memiliki TPM 2.0, Windows 11 tidak dapat dipasang di perangkat tersebut. Notifikasi atau peringatan akan muncul ketika pemasangan yang berbunyi bahwa laptop atau PC Anda tidak memenuhi syarat update ke Windows 11. Apakah harus membeli laptop atau komponen PC baru supaya mendapatkan update Windows 11? Mungkin Anda harus berpikir kembali untuk menabung bila ingin migrasi ke Windows 11.

2. Beberapa program/aplikasi dan game mungkin belum berjalan dengan baik

Setelah update Windows 11, apakah Anda menemukan permasalahan bahwa program/aplikasi atau game tidak berjalan baik? Beberapa orang mengalami permasalahan terkait kompabilitas aplikasi di Windows 11. Karena ini merupakan OS baru, mungkin beberapa program/aplikasi dan game belum berjalan optimal di Windows 11. Beberapa kasus, seperti game Valorant mengalami kendala saat dibuka. Mengutip dari Spieltimes, beberapa orang mengalami permasalahan ketika memaksa update ke Windows 11 dan membuka game Valorant. Pesan error berbunyi: “This build of Vanguard requires TPM version 2.0 and secure boot to be enabled in order to play”. Sedikit agak rumit, Anda harus mengaktifkan TPM 2.0 dan secure boot di BIOS supaya dapat bermain Valorant dengan normal dan tanpa kendala di Windows 11.

READ  Intel Resmi Umumkan CPU Generasi Ke 12, Alder Lake

3. Fitur menjalankan aplikasi Android di Windows 11 belum tersedia

Microsoft telah menjanjikan bahwa Windows 11 memiliki fitur dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android langsung di laptop atau PC tanpa emulator. Sayangnya, fitur tersebut masih belum tersedia, bahkan saat Windows 11 rilis 5 Oktober lalu. Sebelumnya, Microsoft mengumumkan, bahwa Windows 11 akan menghadirkan aplikasi Android yang terdapat di Amazon Store. Termasuk, Disney+, TikTok, Netflix, Pinterest, dan masih banyak lagi. Setidaknya mendekati 500 ribu aplikasi Android bakal tersedia di Amazon Store, meski masih jauh dari aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store yang mencapai sekitar 3,5 juta aplikasi. Harus sedikit lebih bersabar, mungkin inilah yang bakal Anda rasakan ketika jika ingin update Windows 11 sekarang. Baca Juga: Bisa hemat ruang penyimpanan, WhatsApp tambah fitur backup chat

4. Takut kehilangan file saat update ke WIndows 11

Meskipun ada opsi update Windows 11 tanpa kehilangan file sebelumnya, mungkin sebagian orang masih merasa ragu. Tidak jarang hal-hal yang tidak diinginkan menghantui saat proses update berlangsung. Seperti tiba-tiba listrik padam di tengah jalan, atau internet terputus yang menyebabkan proses update terhambat. Hal tersebut sangat besar risikonya terhadap file yang ada di laptop atau PC Anda. Entah berakhir hilang atau corrupt (kerusakan file).  Namun demikian, bila keputusan Anda sudah bulat, pastikan backup atau membuat cadangan file penting Anda terlebih dahulu sebelum update Windows 11.

5. Beberapa kasus, pengguna prosesor AMD mengalami performa yang buruk

Belum lama ini setelah Windows 11 rilis, beberapa pengguna laptop atau PC dengan prosesor AMD mengalami performa yang buruk. Mengutip dari The Verge, setidaknya ditemukan dua isu Windows 11 yang berjalan di prosesor AMD Ryzen. Windows 11 dapat menyebabkan latensi dari L3 cache menjadi tiga kali lipat, hal tersebut membuat performanya menurun 15% saat bermain game tertentu. Masalah kedua, memengaruhi teknologi inti prosesor AMD di mana menggeser thread ke inti tercepat pada prosesor. AMD mengatakan, bug kedua ini dapat mempengaruhi kinerja ketika membuka aplikasi yang menitikberatkan ke CPU.

READ  Sistem operasi Laptop Chromebook - Kelebihan dan Kekurangan OS Chrome

Prosesor AMD yang kemungkinan terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlin. Selain itu, CPU AMD Epyc untuk komputer data center, serta sejumlah CPU seri Athlon terbaru juga turut terdampak, sebagaimana dirangkum dari Tom’s Hardware.

AMD memastikan pihaknya tengah bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan solusi bagi PC berprosesor AMD yang mengalami penurunan kinerja di Windows 11. Rencananya, perbaikan untuk dua masalah tadi akan disalurkan pada Oktober 2021.

Demikian beberapa alasan mengapa Anda harus menunda update Windows 11 sekarang. Terlepas dari semua itu, Microsoft mungkin masih mempersiapkan berbagai hal di kemudian hari supaya Windows 11 bisa digunakan dengan nyaman oleh pengguna yang lebih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul “Sebaiknya Anda menunda update Windows 11, ini 5 alasannya”, Klik untuk baca: https://kiaton.kontan.co.id/news/sebaiknya-anda-menunda-update-windows-11-ini-5-alasannya-1?page=all.

Editor: Arif Budianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *